Komputer
dan masyarakat (computers in civilization) merupakan salah satu mata
kuliah yang diajarkan pada fakultas komputer, mengapa komputer
dihubungkan dengan masyarakat? mengapa bukan teknologi informasi yang
dibahas? adalah John Preston orang yang mempopulerkan tema ini dalam
bukunya Computer in a Changing Society dijelaskan bahwa teknologi
informasi (TI) sekarang ini identik dengan komputer, bicara TI maka
pasti berhubungan dengan komputer. Namun terlepas dari itu, komputer dan
masyarakat merupakan sebuah studi tentang bagaimana pemanfaatan
komputer di berbagai aspek kehidupan di masyarakat (sosial komputer),
bagaimana komputer memberi pengaruh, bahkan membentuk budaya atau tren
baru. Pada tulisan kali ini, penulis mencoba membahas hal yang terkait
dengan komputer dan masyarakat, yaitu pemanfaatan komputer pada berbagai
bidang.
Berikut ini adalah beberapa contoh bagaimana komputer digunakan dalam bidang yang sering dijumpai di masyarakat :
- BISNIS
1. Dokumen
Dalam
bidang bisnis, bahkan tidak hanya bisnis, menggunakan komputer untuk
membuat dokumen-dokumen seperti kontrak, brosur, surat, laporan tahunan,
manual prosedur, pernyataan kebijakan, dll. Dokumen disimpan, dipanggil
kembali, diedit, dan didistribusikan oleh komputer dengan menggunakan
program yang secara umum disebut pengolah kata (word processing). Memo
yang sebelumnya ditulis pada kertas dan didistribusikan oleh bagian
surat via pos, sekarang ditulis pada komputer dan didistribusikan dengan
model surat elektronik (email).
2. Keuangan
Komputer
sangat cocok saat kita bekerja dengan angka-angka. Salah satu
penggunaan awal komputer adalah menghitung, baik penjumlahan,
pengurangan, pembagian, matriks, mengerjakan rumus, diferensiasi, dll.
Komputer dapat dengan cepat dan akurat menghitung kembali ratusan rumus
dalam satu waktu. Bahkan komputer mampu mengelola angka-angka menjadi
grafik yang cukup memakan waktu bila dikerjakan dengan cara konvensional
(tanpa komputer) program komputer yang biasa mengolah angka disebut
spreadsheet.
3. Menjadwalkan Pertemuan
Aktifitas
kelompok membutuhkan koordinasi yang kerap terjadi dalam pertemuan.
Menemukan yang tepat untuk pertemuan dapat menjadi tugas yang sulit jika
dilakukan dengan telpon. Organisasi bisnis sering menggunakan program
komputer calender dimana anggota kelompok mencatat aktifitas-aktifitas
mereka. Jika
seseorang
ingin menyusun sebuah pertemuan, program terlebih dahulu mencari agenda
dari semua peserta untuk menemukan waktu dimana semua anggota dapat
hadir, kemudian ia memeriksa agenda lainnya untuk menemukan ruang yang
tersedia.
4. Manajemen Proyek
Proyek-proyek
yang kompleks melibatkan banyak kelompok yang berbeda-beda, yang harus
dikoordinasi dan dikelola. Aktifitas-aktifitas yang dikenal sebagai
tugas (task) sering saling tergantung dan penundaan atau perubahan pada
suatu tugas mempengaruhi tugas lainnya. Komputer dapat digunakan untuk
secara otomatis
memperbarui
bagian-bagian tersebut ketika data yang diolah berubah. Intinya,
pengelolaan proyek yang kompleks tersebut, disederhanakan dan disusun
teratur oleh komputer.
- PENDIDIKAN
1. Pendidikan Jarak Jauh
Pendidikan saat ini dapat secara signifikan dipengaruhi oleh penggunaan komputer untuk melakukan kegiatan belajar jarak jauh. Jika siswa dan guru menggunakan komputer atau internet pada waktu yang sama, ini disebut pertemuan kelas sinkronus. Jika siswa dan guru mengirim pesan dan bertukar informasi pada waktu
Pendidikan saat ini dapat secara signifikan dipengaruhi oleh penggunaan komputer untuk melakukan kegiatan belajar jarak jauh. Jika siswa dan guru menggunakan komputer atau internet pada waktu yang sama, ini disebut pertemuan kelas sinkronus. Jika siswa dan guru mengirim pesan dan bertukar informasi pada waktu
yang
berlainan, kelas ini disebut asinkronus. Istilah pendidikan jarak jauh
sudah umum digunakan karena metode ini populer untuk mengajar banyak
orang di area yang tersebar. Model pendidikan ini juga populer diantara
siswa yang punya jadwal kerja padat dan berlokasi pada jarak yang jauh.
2. Laporan
Aktifitas
akademik dapat dengan mudah diketahui oleh siswa dengan membuka
komputer, lembaga pendidikan menyediakan berbagai fasilitas untuk
menunjang guru menyampaikan dengan transparan hasil belajar siswa. Bila
ujian dilakukan dikelas, maka bagi siswa yang berhalangan dapat
mengerjakannya dirumah dengan membuka komputer
.
.
3. Keterlibatan Orang Tua
Banyak
orang tua memiliki komputer dan akses internet. Mereka perlu
menggunakannya untuk melihat apa yang terjadi di ruang kelas, dan
guru-guru pun mulai berkomunikasi dengan orang tua secara online. Bahkan
orang tua diberikan akses khusus untuk mengetahui kehadiran anaknya,
pembayaran SPP, nilai ujian harian, dan berkonsultasi langsung dengan
wali kelas. Bandingkan dengan dulu, dimana orang tua berkenan hadir ke
sekolah hanya untuk mengetahui laporan akhir belajar anaknya, sehingga
komputer betul-betul bisa mendukung interaksi sekolah dan orang tua.
4. Presentasi
Ketika
seseorang atau suatu kelompok ingin mengkomunikasikan sebuah gagasan
kepada orang lain, hal itu sering kali dapat dilakukan secara efektif
dalam sebuah pertemuan dimana presenter menggunakan alat visual untuk
menyampaikan pemikirannya. Dulu, orang-orang mempersiapkan transparansi
yang diproyeksikan pada sebuah layar sementara presenter berbicara.
Komputer biasa digunakan untuk mengatur gambar dan teks dan
memproyeksikannya pada sebuah layar dalam proses yang sangat serupa.
Presentasi dengan menggunakan komputer dapat disusun, diedit, disalin,
dan didistribusikan dengan jauh lebih cepat ketimbang presentasi
menggunakan transparansi.
- KEDOKTERAN
1. Mendiagnosa Pasien
Komputer
dapat digunakan untuk menghasilkan foto yang lebih baik dari tubuh
pasien. Sinar-X adalah teknik tradisional yang merekam bayangan dua
dimensi dari tulang pada film. Computerized Axial Tomography, juga
dikenal sebagai CAT scan, adalah serangkaian gambar sinar-X dua dimensi
yang digabungkan dengan komputer untuk mendapatkan gambar tiga dimensi.
2. Rekam Medis
Setiap
kali kita mengunjungi seorang dokter atau pergi kerumah sakit dan
setiap kali kita mengisi formulir, informasi tentang kunjungan kita dan
obat (resep) yang kita terima akan menjadi bagian dari satu atau lebih
database tentang sejarah kesehatan pribadi kita. Dibeberapa kantor
praktik dokter, diagnosis dicatat pada kertas file folder sedangkan
kantor praktik lainnya mencatatnya pada komputer.
- MILITER
1. Pelatihan
Komputer
digunakan untuk mensimulasi perilaku dari pesawat, kendaraan dan system
senjata untuk memberikan praktik kepada para trainee (orang yang
dilatih), dan memungkinkan mereka belajar dari kesalahan fatal yang
mematikan. Komputer dapat merekan kinerja trainee dan menampilkannya
kembali sehingga trainee dapat mengamati perilaku mereka sendiri dan
belajar dari perilaku tersebut. Banyak orang militer masuk medan perang
dengan pengalaman terbatas dalam hal penggunaan amunisi, tetapi simulasi
sangat realistis sehingga mereka dapat melakukan tugas mereka dengan
baik.
2. Senjata Canggih
Komputer
digunakan untuk mengidentifikasi target dan mengarahkan peluru mereka.
Tentara, kendaraan perang, atau senjata pemandu dapat diperlengkapi
dengan penerima Global Positioning System (GPS), yang mengidentifikasi
lokasi eksak dari posisi teman atau lawan. Senjata yang dapat
menyesuaikan secara otomatis dengan berbagai posisi dan membidik
targetnya dengan persisi disebut Smart Weapon. Sebagai contoh, bom yang
dapat mengarah dirinya kepada sebuah target yang ditandai dengan sinar
laser Smart Bomb. Sebetulnya, masih banyak bidang yang memanfaatkan
komputer sebagai alat bantu seperti pemerintahan, transportasi, gudang,
pengairan, perhubungan dll. Namun, dengan uraian singkat ditas
diharapkan dapat memberikan gambaran kaitan Komputer dan Masyarakat.
Diposkan 26th October 2012 oleh Ridha Ashari
Tidak ada komentar:
Posting Komentar